Senin, 16 Mei 2011

Jalan Bermagnet di Gunung Kelud

Hingga kini masih banyak yang mempertanyakan tentang misteri jalan di Gunung kelud yang ketika mobil atau motor menaiki bukit lereng Gunung Kelud masih tetap bisa berjalan meski mesin dalam keadaan mati. kendaraan yang melewati lereng tersebut perlahan-lahan menaiki bukit seperti ada yang mendorongnya. kebanyakan orang beranggapan bahwa fenomena ini merupakan sutu keanehan atau kegaiban dari Gunung Kelud. ada juga yang beranggapan bahwa hal ini terjadi karena besarnya medan magnet yang mampu mengalahkan gaya gravitasi bumi.

Pak Seno (Dosen Geofisika) dan Pak Amin (Dosen Teknik Sipil) dari ITS, menyatakan bahwa misteri mobil berjalan naik di Gunung Kelud tidak terbukti disebabkan karena adanya gaya magnet sehingga mobil berjalan keatas. Pak Amien menyatakan bahwa jalan itu justru miring 5% menurun sesuai arah pergerakan mobil. dan Jalan Misteri di Gunung Kelud Ternyata Hanya Ilusi

Ketika mobil berjalan pada tempat yang datar, maka yang dilihat oleh mata kita adalah pohon-pohon yang ada di kiri kanan jalan. Secara logika sederhana, dan sudah otomatis di otak bahwa pohon ini akan berdiri tegak ke atas. Begitu juga ketika jalan menurun. Pohon akan tetap terlihat tegak vertikal keatas.



ketika jalan miring sedangkan pohon yang sering kita pergunakan sebagai “acuan vertikal” juga miring maka yang terjadi seperti gambar di bawah ini. Sebanarnya mobil ini mundur sendiri ketika mesin dimatikan. Arah kemiringan jalan sebenarnya ke arah kanan (sebelah kanan rendah), namun pepohonan ini miring dengan arah yang berlawanan dengan kemiringan jalan. Sehingga pikiran kita tertipu oleh mata kita yang seolah-olah melihat kemiringan jalan kearah kiri. Logika kita menyatakan seperti gambar normal diatas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar